Image of PENGARUH JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. FASTRATA BUANA (DISTRIBUTOR KAPAL API)

Text

PENGARUH JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. FASTRATA BUANA (DISTRIBUTOR KAPAL API)



ABSTRAK

SYARIFUDDIN ASYIK, Pengaruh Jasa Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Pada PT. Fastrata Buana (Distributor Kapal Api).
Dibimbing oleh Andi Hidayat dan Thamrin Esa.
Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Fastrata Buana sebagai
distributor kapal api. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui kepuasan agen penjualan sebagai konsumen atas pelayanan
yang diberikan PT. Frastrata Buana selaku distributor produk kopi kapal
api di Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh outlet atau agen
penjualan yang ada di Kota Makassar dengan jumlah sebanyak 8.583
outlet atau agen. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis
deskriptif dan Uji pengaruh (analisis regresi linear sederhana).
Berdasarkan dari hasil analisis kuantitatif, Jasa pelayanan melalui
proses penyaluran barang telah mampu memberikan kepuasan bagi agen
pada perusahaan PT. Frastrata Buana Makassar diperoleh nilai constanta
(a) diperoleh sebesar 2,307 yang berarti bahwa kepuasan konsumen
dalam hal ini agen selaku pelanggan sebesar 2,307 poin tanpa adanya
pengaruh variable independen. Variabel Independen jasa pelayanan (X)
berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai
koefisien sebesar 0,786 yang berarti bahwa setiap terjadi perubahan
pelayanan melalui proses penyaluran barang dari pihak distributor PT.
Fastrata Buana Makassar (X) sebesar 1 poin akan berpengaruh positif
terhadap kepuasan konsumen (agen) sebesar 0,786, sedangkan nilai
adjusted R square adalah 0,457. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar
45,7% kepuasan konsumen (agen penjualan/outlet pemilik toko pada
pasar niaga Daya)) dipengaruhi oleh pelayanan yang diberikan oleh pihak
distributor PT. Fastrata Buana Makassar melalui proses pengiriman
barang, sedangkan sisanya sebesar 54,3% dipengaruhi oleh variabel
lainnya yang tidak diteliti.
Kata kunci : Jasa Pelayanan dan Kepuasan Konsumen


Ketersediaan

P00343STersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya